PONTIANAK – Dalam rangka meningkatkan kualitas publikasi ilmiah dan manajemen penerbitan jurnal online berbasis open journal system (OJS) menuju jurnal terakreditasi nasional. Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah (LPPI) UM Pontianak menggelar Workshop Tata Kelola Jurnal Online Sesuai Standar Akreditasi Jurnal Nasional Bagi Pengelola Jurnal UM Pontianak, Kamis (18/10). Kegiatan tersebut guna menjawab tantangan pada era digital, menuntut hasil publikasi dari penelitian maupun pengabdian civitas akademika di lingkungan UM Pontianak. Adapun tujuan utama kegiatan workshop ini adalah untuk meningkatkan kualitas pengelolaan jurnal-jurnal yang ada di lingkungan UM Pontianak

Kegiatan ini difasilitasi oleh Ketua LPPI, Fenni Supriadi dan Koordinator Bidang Publikasi Ilmiah LPPI, Heru Yudi Kurniawan. Workshop secara khusus melakukan bedah jurnal yang ada di institusi. Tidak hanya itu saja kegiatan ini melakukan pendampingan atau coaching clinic kepada pengelola jurnal UM Pontianak yang meliputi setting ojs, indeksasi, pemanfaatan plagiarism check tool dan evaluasi menuju akreditasi jurnal nasional (arjuna).

Ketua LPPI Fenni Supriadi dalam kegiatan mengingatkan kepada pengelola jurnal agar termotivasi dan terus berkomitmen dalam peningkatan kualitas manajemen penerbitan e-journal, sehingga menghasilkan artikel ilmiah yang berkualitas, terdiseminasi, tersitasi, berkontribusi bagi IPTEK serta bermanfaat bagi kehidupan masyarakat. ”LPPI berkomitmen akan membantu pengembangan jurnal UM Pontianak menuju jurnal terakreditasi nasional, namun tentunya dalam mewujudkan ini tidak lepas dari peran serta bapak dan ibu sebagai pengelola jurnal” ungkapnya.

Peserta workshop yang hadir merupakan para pengelola jurnal yang ada di lingkungan UM Pontianak. Mereka terdiri atas: pengelola jurnal dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Fakultas Agama Islam, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Teknik, Fakultas Hukum dan Fakultas Psikologi.(lppi)

Sumber : Redaksi UM Pontianak