Rilis Informasi

Workshop Tata Kelola Jurnal Sesuai Standart Akrditasi

Workshop Tata Kelola Jurnal Sesuai Standart Akreditasi, kegiatan dilaksanakan pada hari Kamis, 18 Oktober 2018 bertempat di Ruang Rapat Lantai 2 Universitas Muhammadiyah Pontianak.

Adapun agenda yang akan dilaksanakan adalah sebagai berikut :

Pemateri

  1. Fenni Supriadi, S.E., M.M. (Ketua LPPI)
  2. Heru Yudi Kurniawan, S.H., M.H. (Korbid. Publikasi Ilmiah LPPI)

Setting Online Journal System (OJS) - 08:00 - 11:00 WIB

  1. Header, Footer, Profile Jurnal, Menu Side Jurnal, Plugin Block
  2. Review Forms, Setting DOI, Visitor Statistic
  3. Journal Template dan CC Attribution

Indeksasi - 11:00 - 12:00 WIB

  1. Google Scholar, Garba Rujukan Nasional (Garuda), Indonesia One Search (IOS)
  2. SINTA, Crossref, Moraref dan Lembaga Pengindeks lainnya.

Plagiarism Check Tools - 13:00- 14:00 WIB

  1. Plagiarism Check X Tool
  2. Ithenticate (Powered by Cressref)
  3. Grammarly

ARJUNA & SINTA - 14:00 - 15:00 WIB

  1. Pendaftaran Arjuna, Evaluasi Diri
  2. Kesiapan Akreditasi (Naik Peringkat ISNTA).

Surat Undangan Workshop bisa Unduh melalui dibawah ini :

Kementrian Koperasi dan UMKM Indonesia menjajaki MoU dengan UM Pontianak

Kementrian Koperasi Usaha Menengah, Kecil dan Mikro Indonesia melaksanakan sosialisasi terhadap jurnal yang diterbitkan oleh kementerian tersebut, kegiatan ini bertujuan selain mengenalkan bahwa kementrian koperasi mempunyai jurnal yang berasal dari penelitian dari pejabatan kementrin koperasi tetapi juga menjajaki kerjasama dengan beberapa Universitas yang ada di Indonesia, salah satunya adalah Universitas Muhammadiyah Pontianak atau sekarang dikenal dengan nama UM Pontianak.

Kerjasma tersebut bertujuan untuk efektifitas dan tercapainya tujuan kementrian koperasi UMKM dimana jumlah koperasi yang ada di seluruh Indonesia terdapat 63juta koperasi yang terdafar di kementerian, hal ini menyebabkan tidak optimalnya tujuan kementrian dalam hal penelitian tentang masalah-masalah yang dihadapi oleh koperasi maupun UMKM tersebut, misalnya pelatihan, dan analisa-analisa lainnya.

Dengan beberapa paparan masalah-masalah di atas, pihak Kementrian kedepannya akan menjalin kerjasama MoU dengan Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah (LPPI) UM Ponianak, dalam bidang jurnal maupun publikasi ilmiah.

Pada kegiatan tersebut pihak kementerian koperasi memberikan sample beberapa jurnal yang telah di terbitkan oleh kementerian tersebut, sebagai tanda komitmen akan terjalinnya kerjasama dengan LPPI UM Pontianak dalam bidang penerbitan dan publikasi ilmiah.

*) Red

Sosialisasi Science and technology index

Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah (LPPI) UM Pontianak baru-baru ini mengadakan sosialisasi pengenalan accountScience and Technology Index (SINTA). Portal Sinta telah diluncurkan oleh Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi lebih tepatnya pada tanggal 30 Januari 2017. SINTA Kemenristek Dikti merupakan database bagi publikasi para dosen yang ada di Indonesia. Kegiatan ini mengangkat tema “Sosialisasi Science and technology index (SINTA) bagi dosen UM Pontianak”.

Selengkapnya

PROGRAM INSENTIF BUKU AJAR TERBIT TAHUN 2017 RISTEKDIKTI

Program Insentif Buku Ajar Terbit Perguruan Tinggi merupakan salah satu program yang dikelola oleh Direktorat Pengelolaan Kekayaan Intelektual, Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi tahun anggaran 2017.

Program ini terbuka bagi dosen dari berbagai bidang ilmu yang telah menerbitkan buku ajar untuk perguruan tinggi yang diturunkan dari pengalaman penelitiannya. Tidak sedikit jumlah dosen Indonesia yang berpengalaman dalam melakukan penelitian yang berhasil.

Selengkapnya

PENTINGNYA PUBLIKASI ILMIAH

APA ITU KARYA TULIS ILMIAH?
Karya Tulis Ilmiah atau biasa disingkat Karya Ilmiah (Scientific Paper) adalah tulisan atau laporan tertulis yang memaparkan hasil penelitian atau pengkajian suatu masalah oleh seseorang atau sebuah tim dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan yang dikukuhkan dan ditaati oleh masyarakat keilmuan. Data, simpulan, dan informasi lain yang terkandung dalam karya ilmiah tersebut dijadikan acuan (referensi) bagi ilmuwan lain dalam melaksanakan penelitian atau pengkajian selanjutnya. Karya ilmiah juga sering disebut “tulisan akademis” (academic writing) karena biasa ditulis oleh kalangan kampus perguruan tinggi, dosen dan mahasiswa. Karya ilmiah berfungsi sebagai sarana untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi berupa penjelasan (explanation), prediksi (prediction), dan pengawasan (control).

Selengkapnya